Alat evaluasi yang digunakan dalam proses-proses yang disebutkan di atas (termasuk instrumen tes) dapat disebut berkualitas apabila memenuhi beberapa kriteria, diantaranya:
Validitas
Validitas memiliki pengertian valid, sahih, atau tepat. Suatu alat evaluasi dikatakan valid (sahih) jika alat evaluasi tersebut mampu mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi. Atau, dengan kata lain alat evaluasi (instrumen) tersebut memiliki tingkat kevalidan apabila memiliki ketepatan dalam melakukan evaluasi.
Bahasa sederhananya "alat evalusi atau instrumen-instrumen yang digunakan bertujuan untuk mengukur apa yang seharusnya di ukur."
Dalam menganalisis tingkat validitas alat evaluasi (termasuk instrumen) tergantung jenis alat evaluasi yang digunakan. Misalkan alat evaluasi dalam bentuk buku siswa, LKS, dan sbg. maka lebih cocok diukur tingkat kesahihannya dengan menggunakan pendapat pakar atau jika alat evalusi dalam bentuk tes lebih baik menggunakan validator siswa dalam hal ini dilakukan uji coba kepada siswa.
Beberapa jenis validasi berdasarkan cara-cara melakukan pengukuran tingkat validitas sebuah alat evaluasi, yaitu validitas teoritik (validitas logika) dan validitas empirik (validitas kriterium).
- Validitas Teoritik (Validitas Logika)
Validitas teoritik atau validitas logika lebih menekankan pada tingkat ketepatan alat evaluasi ditinjaui dari isi (materi) alat evaluasi tersebut. Oleh karena itu validitas teoritik lebih tepat dilakukan dengan meminta pertimbangan para pakar. Tentunya pakar yang dimaksud adalah orang-orang yang memiliki keahliaan pada bisangnya. Misalnya mengukur validitas sebuah media pembelajaran komputer, maka pakar yang dimaksud adalah ahli yang berkecimpung pada dunia media pembelajaran baik dari segi pekerjaan atau keahlian berdasarkan gelar tingkat pendidikan. Berikut jenis-jenis validitas teoritik:
- Validitas Isi
Validitas isi berkenan dengan tingkat ketepatan alat evaluasi tersebut ditinjau dari segi materi. Suatu alat evaluasi dikatakan memiliki validitas isi jika mengukur tujuan khusus tertentu yang sejajar dengan materi atau isi pelajaran yang dievaluasi. - Validitas Konstruksi
Validitas konstruksi berkenan dengan kesesuaian butir dengan tujuan pembelajaran khusus (atau indikator hasil belajar). Suatu alat evalusi dikatakan memiliki validitas konstruksi jika butir-butir pertanyaan atau pernyataan pada alat evaluasi tersebut mengukur tujuan pembelajaran khusus (atau indikator hasil belajar) yang telah ditetapkan
- Validitas Isi
- Validitas Empirik (Validitas Kriterium)
Validitas empirik atau validitas kriterium adalah validitas yang bertujuan untuk mengukur ketepatan sebuah alat evalusi berdasarkan kriterium tertentu. Validitas kriterium lebih banyak menggunakan validator dari subjek walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan (validatornya) adalah ahli. Validitas kriterium juga memliki dua jenis, yaitu:
- Validitas Banding
Validitas banding disebut demikian jika alat evaluasi tersebut tepat mengukur dengan berdsarakan pengalaman. - Validitas Ramalan
Validitas ramalan adalah validitas yang tepat mengukur dalam memprediksi kejadian di masa mendatang.
- Validitas Banding
Beberapa jenis analisis yang dapat digunakan untuk menentukan koefisien validitasnya, antara lain:
- Korelasi Product Moment dengan Simpangan
Korelasi Product Moment, dengan persamaan:
Keterangan:
- rxy adalah koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y
- x adalah selilih antara X dengan X rata-rata (x =X-Xrata-rata)
- y adalah selilih antara X dengan X rata-rata (y =Y-Yrata-rata)
- Korelasi Product Moment dengan Angka Kasar
Korelasi Product Moment dengan Angka Kasar, dengan persamaan:
Keterangan, N adalah banyaknya subjek
- Korelasi Metode Ranking
Korelasi Metode Ranking, dengan persamaan:
Keterangan: N adalah jumlah subjek dan d adalah selisih rangking antara X dan Y
Koefisien validitas | Kriteria |
0,80 - 1,00 | Sangat tinggi |
0,60 - 0,80 | Tinggi |
0,40 - 0,60 | Sedang |
0,20 - 0,40 | Rendah |
0,00 - 0,20 | Sangat rendah |
< 0,00 | Tidak valid |
Apakah dengan kriteria Sangat Rendah, Rendah, dan Sedang masuk pada kategori valid atau tidak?,
Untuk menghindari rendahnya tingkat validitas terutama pada kategori valid Rendah dan Sangat Rendah atau berada pada koefisien validitas di bawah nilai 0,40 dikategorikan tidak valid hal ini bertujuan untuk mempertahankan tingkat kesahihan alat evaluasi tersebut, sedangkan pada koefisien validitas 0,40-0,60 (kriteria sedang) dikategorikan valid setelah sebelumnya diadakan revisi terhadap alat evaluasi tersebut.Diolah dari berbagai sumber
Update via Email
Artikel Terkait: