Penafsiran Hasil Penelitian Tindakan Kelas

Data yang diperoleh dari hasil penelitian tindakan kelas memiliki arti yang sangat bermanfaat bagi pelaksana, sekolah, dan juga tentunya untuk siswa. Untuk itu langkah selanjutnya dari data yang telah dianalisis adalah menginterpretasi hasilnya.

Interpretasi diartikan sebagai pendapat, tafsiran atau pandangan teoretis terhadap sesuatu (berdasarkan hasil analisis data)yang berujung pada penarikan kesimpulan penelitian. Dalam penyusunan kesimpulan penelitian tindakan dapat dilakukan secara bervariasi, namun pada dasarnya seorang peneliti berpegang pada tahap-tahap presentase data, penafsiran data, intergrasi dari temuan penelitian, dan aplikasi hasil temuan.

penafsiran data menuntut agar peneliti menjelaskan makna data yang diperoleh dan sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diajukan. Dalam hal ini, Stringer mengemukakan beberapa teknik dalam penafsiran hasil analisis data penelitian tindakan (data kualitatif), yaitu:
  1. Memperluas analisis dengan mengajukan pertanyaan. Hasil analisis masih memiliki makna yang sempit, dengan pengajuan pertanyaan-pertanyan penelitian maka hasil tersebut akan lebih terlihat maknanya.
  2. Menghubungkan hasil analisis dengan literatur atau pandangan beberapa ahli.
  3. Kembalikan pada teori. Mengaitkan hasil analisis data dengan menghubungkan atau meninjau dari teori yang relevan terhadap pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan penelitian yang dihadapi.
  4. Menghubungkan antara temuan dengan pengalaman. Karakteristik penelitian tindakan salah satunya adalah sangat erat dengan pribadi peneliti dalam hal pengalaman, pengalaman peneliti yang banyak memungkinkan hasil analisis data dapat dihubungkan
  5. Nasihat atau pendapat yang kritis. Ini dapat dilakukan dengan meminta pandangan, ide, saran pada seprofesi.
Melalui hasil analisis data dan kemudian menafsirkan temuan dengan data tersebut dapat diketahui apakah kegiatan penelitian tindakan dapat memperbaiki hasil pembelajaran (dalam domain kognitif, afektif,  psikomotor, dan aspek-aspek lainnya)

Diolah dari berbagai sumber

Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger