Mengganti Template dengan Blogger in Draft

Setelah memanfaatkan template dari blogger in draft untuk Bugishq Blog, kemudian pamer diri di depan para blogger lainnya dan hasilnya..... beberapa komentar bermunculan, diantaranya ada yang mengatakan "mantap.., blognya bagus.., berkarakter..., keren.., menarik.., nice... tidak silau di mata, minimalis dan ringan, info seru...., bahkan ada yang mengatakan tidak percaya itu hasil dari template blogger ini draft.

Komentar yang terakhir ini "belum percaya template dari blogger in draft" adalah sebuah motivasi saya untuk menulis tutorialnya sekaligus tutorial ini saya dedikasikan pada "Guru Go Blog" Guru yang memiliki kreatiivitas untuk menciptakan media pembelajaran online dengan domain blogspot.

Kelebihan template blogger in draft ini, memberikan kebebasan para blogger untuk menentukan jenis templatenya sendiri, background, layout, dan setting tentang ukuran, teks, warna, dll, tanpa harus masuk ke bahasa HTML-nya.

Bagaimana awal "mengganti template dengan template blogger in draft"? secara sistematis, berikut ini:
  1. Buka halaman blogger in draft atau klik di sini
  2. Login dengan account Anda [belum punya account? baca!]
  3. Klik Tata Letak. Saran, bagi yang punya blog lain (bukan utama) bisa dijadikan eksperimen, tapi untuk blog utamanya ingin ganti template, sebaiknya template sebelumnya di save dulu. 
  4. Klik Perancang Template, silahkan tunggu halaman berikutnya terbuka
  5. Pada halaman blogger in draft, muncul 4 jenis hasil desain template, yaitu: simple, picture window, Awesome Inc., dan Watermark. Selain itu, jika Anda memilih salah satu template, maka akan muncul lagi pilihan-pilihan desain dan warna dari template yang Anda pilih. Silahkan perhatikan pilihan Anda pada halaman di bawahnya (blog Anda akan ter-preview), gambaran tersebut memperlihatkan hasil sementara blog Anda. Silahkan pastikan jenis template yang Anda inginkan. 
  6. Klik Background, untuk memilih jenis latar belakang untuk blog Anda
  7. Warna background tidak mempengaruhi warna body blog (tempat postingan dan gadget). Kecerdikan Anda memilih latar baik warna maupun gambar ditentukan oleh Anda sendiri, pikirkan beberapa pertimbangan dalam memilih background, seperti warna teks dan warna background yang saling mendukung dan pertimbangan teks mudah terbaca tanpa diganggu warna latar yang dominan. Jika Anda memilih "No Image" maka secara otomatis warna latar belakang mengikuti warna dasar template sebelumnya tetapi hasilnya polos tanpa tekstur.
  8. Klik Layout.
  9. Layout merupakan hal yang paling paling utama dalam memilih template, perlu pemikiran yang serius dalam menentukan pilihan, istilahnya biasa disebut 2 kolom atau 3 kolom, ada 3 jenis pilihan layout, yaitu:
    • Body Layout
    • Silahkan tentukan pilihan Anda, 1 kolom artinya halaman Anda hanya berisi postingan (tulisan), 2 kolom artinya Anda memiliki fasilitas lain (untuk gadget) selain postingan atau 3 kolom (dengan masing berisi gadget kiri, body, dan gadget kanan), pilihan 3 kolom merupakan salah satu template yang disukai. Saran saya, sebelum menentukan Body Layout sebaiknya Anda pertimbangkan "Widget apa yang Anda mau letakkan di kolom-kolom itu?", apalagi yang memilih 3 kolom yang salah satu kolomnya sempit (tapi ingat, bisa diubah ukurannya)
    • Footer Layout
    • Footer Layout adalah halaman paling bawah dari sebuah blog, silahkan Anda pilih 1 kolom, 2 kolom atau 3 kolom. (Anda tidak perlu lagi baca tutorial "Membuat footer menjadi 3 kolom" yang banyak ditemukan di google) Catatan: Setelah Anda memilih Body dan Footer Layout Anda juga dapat menggeser Gadget ke atas atau ke bawah (silahkan arahkan kursor di bagian preview), artinya Anda dengan mudah menggeser gadget setelah menentukan template baru Anda di waktu-waktu lain.
    • Adjust Width
    • Fasilitas blogger yang luar biasa, dimana Anda pada fasilitas ini Anda dapat dengan mudah mengatur ukuran (lebar) body, gadget kiri dan gadget kanan.
      Analisis perhitungan ukuran jika menggunakan 3 kolom: Standar ukuran blog 930 px (Anda bisa menjadikan maksimal 1000 px), gadget kecil standar 180 px, gadget lainnya dengan standar 360 px, dari angka-angka ini Anda bisa tebak ukuran body (untuk postingan) dengan rumus:
      Ukuran postingan = 930-160-360-margin (kira-kira 20 px)
      hasilnya = 390 px
      390 px adalah ukuran untuk body (postingan), ukurannya kecil. Saran saya, silahkan geser ukuran blog (yang 930 px), gadget kiri, dan kanan lalu perhatikan perubahan pada blog Anda pada bagian bawah.
  10. Advanced
  11. Advanced adalah pengaturan tambahan, seperti jenis teks, ukuran teks, warna teks, warna link, warna background, tebal teks, dll. Saran saya ketika memilih jenis pengaturannya, silahkan perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi blog Anda (ter-preview) lalu diberi tanda dengan garis-garis putus berwarna merah, artinya perubahan terjadi pada lingkup yang diberi tanda. Beberapa pertimbangan dalam pengaturan advanced, diantaranya adalah penyesuaian warna antara latar (body) teks, besar font untuk judul postingan dan isi, besar huruf untuk judul gadget, warna link, warna link gulir, dll.
  12. Akhiri pekerjaan Anda mendesain template dari blogger in draft  dengan mengklik Apply To Blog yang ada di kanan atas
  13. Silahkan pastikan bahwa pilihan Anda sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan dengan cara melihat kembali pilihan Anda dengan mengklik View Blog di kanan atas
  14. Klik Back To Blogger yang akan menuju ke Tata Letak, silahkan atur kembali posisi gadget-gadget Anda yang terbongkar pada posisi yang diinginkan.
Saran, jika Anda masih belum puas dengan ukuran atau margin sebagai pembatas antara header, body, gadget bahkan warna dan teks Anda dapat mengubahnya pada Edit HTML.
Semoga bermanfaat




Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.



Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger