Identifikasi Masalah dalam PTK

Apabila dalam kelas terjadi suatu kondisi yang tidak diharapkan, maka dapat dipastikan telah terjadi suatu masalah, misalnya pembelajaran yang tidak kondusif ketika pembelajaran sedang berlangsung atau tidak memahami pertanyaan atau jawaban yang dikemukakan seseorang .Ini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan fokus masalah.

Fokus masalah yang telah ditemukan kemudian ditelusuri lebih detail dan lebih terperinci. Oleh Rochiati W, beberapa pertanyaan yang dapat diajukan sebagai bahan pengembangan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu:
  1. Apakah dengan fokus masalah tersebut seorang peneliti (pengajar) dapat memperbaikinya?
  2. Apakah orang lain juga merasakan hal yang kurang tersebut?
  3. Apakah pengajar merasa kebingungan dengan apa yang ditemukan?
  4. Apakah pengajar semakin termotivasi untuk mencari solusi permasalah tersebut?
Apabila jawaban-jawaban terhadap pertanyaan di atas telah meyakinkan bahwa ada permasalahan yang sangat perlu ditangani maka masalah tersebut adalah yang benar-benar masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas.

Untuk membantu seorang peneliti dalam mengidentifikasi masalah maka bantuan sumber data sangat diperlukan dan sesuai dengan apa yang diamati, sumber data dapat berupa hasil belajar siswa, pengajar mengenai pembelajaran siswa di kelas (pengamatan langsung), dsbg.



Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.



Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger