Publikasi Dokumen ke PDF Plus Bookmark

Mempublikasi Dokumen Word ke Portable Dicument Format (PDF) bukanlah pekerjaan yang sulit, karena cukup dengan menyimpan file Word kita dengan memilih type penyimpanan PDF - beri nama - lalu publikasi, jadi deh file PDF kita.

Masalahnya adalah bagaimana file PDF kita interaktif, dalam artian pada file PDF tersebut ada navigasi bagi kita sebagai pengguna PDF tersebut. Navigasi dalam istilah Word disebut Document Map, istilah dalam PDF disebut Bookmark, atau bahasa sehari-hari kita adalah Daftar Isi. Jika pada file PDF kita telah dipasang Bookmark akan memudahkan berpindah tempat dari halaman satu ke halaman selanjutnya, cukup dengan mengklik judul, subjudul, gambar, tabel, dll. yang sudah dipasang pada file PDF tersebut.

Agar bisa  Menampilkan Daftar Isi (Bookmark) di Portable Dicument Format (PDF) terlebih dahulu Anda harus membutkan daftar isi otomatis pada file dokumen Word, bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis (silahkan baca di sini). Jika  sudah memasang Daftar Isi otomatis pada file Word Anda, maka langkah selanjutnya adalah:
  1. Save As File Anda
  2. Pilih type penyimpanan file PDF or XPS
  3. Muncul kotak dialog Publish as PDF or XPS, silahkan berikan nama
  4. Sebelum di Publish, masih pada kotak dialog Publish as PDF or XPS klik Option
  5. Muncul kotak dialog Option, pada bagian ini beri tanda centang pada kotak Create bookmarks using
  6. Beri juga tanda centang pada lingkaran Heading
    Heading dipilih karena penyusunan daftar isi di Word berdasarkan Heading
  7. Klik Ok
  8. Klik Publish pada kotak dialog Publish as PDF or XPS, tunggu beberapa saat proses publikasi, setelah itu muncul file PDF Anda.
  9. Selesai
Ketika file PDF ditampilkan, standarnya file PDF tersebut tidak menampilkan daftar isi (bookmark), untuk menampilkan bookmarknya Anda harus mengklik bookmark yang diwakilkan dengan gambar lembaran kertas berpita (perhatikan gambar)
Setelah ditampilkan bookmarknya, silahkan Anda klik setiap judul, subjudul, gambar, tabel, dll yang sudah dibuat di Word. Dari klik yang dilakukan Anda lebih mudah memahami kenapa Daftar Isi (Bookmark) perlu dipasang pada Word dan di PDF.

Semoga bermanfaat, untuk sementara tulisan selanjutnya belum dipikirkan pada tutorial tentang optimalisasi di Microsoft Word.

Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger