Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Pada tulisan sebelumnya tentang Mengatur Style Heading pada Word, tulisan tersebut menjelaskan tentang cara menentukan judul, sub judul, sub-sub judul kedalam kategori heading 1, heading 2, heading 3, dst.

 Ilustrasi: Tulisan Anda di Word terdiri dari 5 Bab (masing-masing bab memiliki judul tersendiri), dan setiap bab juga memiliki subbab, dan setiap subbab juga memiliki poin-poin lagi (bisa dikatakan sub-subbab), perhatikan di bawah ini contoh tulisan dengan 2 bab saja.


Bab I. Pendahuluan (bab) (heading 1)
           A. Latar Belakang (subbab) (heading 2)
           B. Rumusan Masalah, dst (subbab) (heading 2)

Bab II. Tinjauan Pustaka (bab) (heading 1)
           A. Media Pembelajaran (subbab) (heading 2)
                1. Pengertian media pembelajaran (sub-subbab) (heading 3)
                2. Manfaat media pembelajaran, dst (sub-subbab) (heading 3)

           B. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (subbab) (heading 2)

           C. Hasil Belajar (subbab) (heading 2)
               1. Pengertian hasil belajar (sub-subbab) (heading 3)
               2. Hasil belajar fisika, dst (sub-subbab) (heading 3)

Misalkan tulisan Anda modelnya seperti di atas dan sudah berada pada halaman-halaman tertentu, sekaligus sudah mengetahui yang mana kategori heading 1, heading 2, heading 3, dan heading seterusnya dari setiap bab, subbab, subsubbab, dst.

Jika sudah dipahami headingnya maka langkah selanjutnya adalah memberikan style heading pada masing-masing bab, subbab, subsubbab, dst atau Anda dapat membaca tentang cara Mengatur Style Heading pada Word.

Jika sudah memberikan heading pada masing-masing  bab, subbab, subsubbab, dst, langkah selanjutnya adalah Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, dengan cara:
  1. Tempatkan kursor pada paling awal (di atas Bab I. Pendahuluan)
  2. Pilih References pada menu ribbon
  3. Arahkan kursor pada menu Table of Content lalu klik Table of Content
  4. Muncul pilihan Table of Content: Automatic Table 1, 2, serta Manual Table. Silahkan dipilih antara Automatic Table 1 dan Automatic Table 2
  5. Selesai dan akan dimuculkan Daftar Isi, perhatikan gambar di bawah ini.
Catatan:
  1. Jika muncul pesan: Table of Contents No table of contents entries found.
    Ini menunjukkan bahwa Anda belum memiliki  daftar isi yang bisa dimunculkan, disebabkan Anda belum memasang Heading pada masing-masing bab, subbab, subsubbab, dst
  2. Bagaimana jika terjadi perubahan halaman? solusinya adalah:
    • Klik pada area daftar isi yang sudah dibuat, 
    • Akan muncul pesan Update Table, klik Update Table lalu muncul kotak pesan Update Table of Content
    • Silahkan klik pada lingkaran Update page number only 
    • Ok, selesai maka secara otomatis perubahan halaman akan muncul 
  3. Bagaimana jika terjadi penambahan atau pengurangan bab, subbab atau subsubbab? solusinya adalah memilih Update entire table yang terdapat pada Update Table of Content , lihat gambar di bawah ini
Selesai dan semoga bermanfaat. Tulisan selanjutnya adalah Menampilkan Daftar Isi pada Halaman Kerja di Word

Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger