Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Istilah PTK berasal dari bahasa Inggris Classroom Action Research dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK adalah sebuah kegiatan pengkajian yang dilakukan oleh guru untuk
memahami dan memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas atau sekolah dengan melalui proses refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya yang berujung pada peningkatan mutu belajar siswa dalam kelasnya, yaitu dengan menerapkan berbagai ragam teori atau teknik pembelajaran yang relevan dan kreatif.

Berikut pengertian PTK oleh beberapa ahli. McMillan dan Schumacher, dalam pengertian yang luas menyatakan PTK adalah metode pegkajian yang dilakukan praktisi untuk meneliti masalah-masalah atau isu-isu yang sedang berkembang.

Hopkins lebih membatasi PTK sebagai sebuah proses penelitian yang didisain untuk memberdayakan seluruh partisipan dalam suatu proses pembelajaran (siswa, guru, dan pihak-pihak lain), untuk memperbaiki praktik pembelajaran. Seluruh partisipan sama-sama berperan aktif dalam proses penelitian tersebut.

Senada dengan beberapa definisi di atas, Gwyn mengatakan bahwa PTK merupakan metode penelitian yang dilakukan pendidik untuk menemukan apa yang terbaik bagi pembelajaran dalam sebuah kelas agar pembelajaran di kelas itu memberikan hasil terbaik.

Creswell menegaskan bahwa PTK adalah sebuah prosedur sistematis yang digunakan guru (atau individu lain dalam konteks pendidikan) untuk menjaring data kuantitatif dan kualitatif dalam rangka memperbaiki komponen-komponen pendidikan, seperti teknik pengajaran guru atau proses pembelajaran siswa.

Definisi menurut bahasa, PENELITIAN adalah aktivitas mencermati suatu obyek tertentu melalui metodologi ilmiah dengan mengumpulkan data-data dan dianalisis untuk menyelesaikan suatu masalah. TINDAKAN adalah suatu aktivitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu masalah dalam PBM. KELAS adalah sekelompok siswa dlm waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.

Berdasarkan beberapa definisi yang dikemukakan oleh ahli tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK merupakan sebuah bentuk penelitian berbentuk tindakan (terapan) yang dilakukan oleh praktisi pendidikan secara kolaboratif dan diarahkan untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas, orientasi PTK pada penerapan tindakan yang diarahkan untuk meningkatkan mutu atau memecahkan masalah di sekolah atau kelas (lebih spesifik)

Selain itu, 1) penelitian tindakan kelas adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri, 2) PTK dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa, atau kepala sekolah, 3) PTK dilakukan dalam situasi pembelajaran, 4) tujuan PTK adalah memperbaiki pembelajaran adanya rangkaian langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.


Update via Email
Masukkan email Anda!: Email yang Anda masukkan akan menerima tulisan-tulisan terbaru dari AK Ishaq blog. Terimakasih.


Artikel Terkait:
 
© Ishaq Madeamin Blog | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger